Candi Prambanan yang Penuh Atraksi dan Cerita Bersejarah

Candi Prambanan merupakan salah satu objek bersejarah yang dijadikan tempat wisata dan berada di kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini dijadikan warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1991 karena menyimpan begitu banyak cerita bersejarah dengan arsitektur megah nan indah. Prambanan sendiri merupakan bangunan penting bagi umat Hindu khususnya yang berada di Indonesia.

Wisata Candi Prambanan - Candi Prambanan yang Penuh Atraksi dan Cerita Bersejarah

Di setiap bangunan candinya yang menjulang tinggi, terdapat banyak sekali ukiran-ukiran relief yang saling menyambung membentuk sebuah cerita seperti kisah legenda Roro Jonggrang hingga asal usul dari Candi ini. Dan di dalam candi utama juga terdapat beberapa patung atau arca seperti patung Siwa, Ganesha, Durga dan Agastya.

Kegiatan dan Atraksi Memukau di Candi Prambanan

Legenda candi Prambanan menyebutkan ada 1.000 candi di kompleks wisata ini, meski sebetulnya hanya ada sekitar 240 candi yang terdiri dari beberapa candi besar termasuk 3 candi utama yang disebut Trimurti yaitu Candi Siwa, Brahma dan Wishnu serta candi-candi kecil di sekeliling area Prambanan.

Sebagai candi yang dibangun pada abad ke-9, saat ini Prambanan telah mengalami banyak perubahan dan penambahan untuk memikat para wisatawan yang datang. Kegiatan yang bisa dilakukan di candi seperti:

1. Mengelilingi candi sambil berfoto dan mengerti kisah Prambanan

Kegiatan pertama yang bisa kamu lakukan tentunya adalah mengelilingi kompleks candi utama dan candi pendamping sekitarnya. Kamu bisa masuk ke gerbang yang ada di sebelah Timur kemudian berjalan searah jarum jam mengitari Candi Trimurti sambil membaca relief dan kisah-kisah legenda seperti Ramayana maupun Krishnayana. Kamu pun bisa menyewa pemandu selama mengitari candi ini. Selain itu, kamu juga dapat bergaya sambil berfoto selfie yang Instagrammable.

2. Menikmati sendratari Ramayana

Wisata candi Prambanan juga menawarkan atraksi memukau dari sendratari Ramayana yang bisa kamu nikmati secara live! Sendratari ini adalah pertunjukan Ramayana yang menggabungkan tarian dan drama tanpa dialog dan berlatar belakang kompleks Prambanan yang megah di malam hari dengan sorot lampu sehingga membuat pemandangan yang semakin memukau. Pagelaran ini diadakan tiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 19.30.

3. Mengunjungi museum rumah joglo

Kamu juga bisa mengunjungi museum rumah joglo yang terdapat di komplek utama candi Prambanan. Museum ini menyimpan benda-benda bersejarah yang ditemukan di sekitaran candi seperti batu-batuan, arca dan patung-patung. Enaknya, pengunjung tak perlu membayar tiket masuk tambahan untuk masuk ke museum ini karena sudah termasuk ke paket tiket masuk Prambanan.

4. Membeli souvenir dan makan

Di sekitaran kompleks candi juga terdapat banyak pedangan souvenir dan pernak-pernik yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh. Lalu ada juga beberapa warung-warung kecil tempat kamu coba jajan atau icip-icip makanan khas di saat perut sedang lapar.

Sejarah Candi Prambanan - Candi Prambanan yang Penuh Atraksi dan Cerita Bersejarah

Itulah beberapa kegiatan di Candi Prambanan yang bisa kamu coba saat berwisata ke kota Gudheg! Prambanan sendiri buka dari pukul 06.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuknya Rp 30.000 (dewasa) dan Rp 12.500 (anak-anak), sedangkan wisatawan asing harus membayar tiket sebesar $18 USD.

Bagikan ke Temenmu!