Candi Sukuh Bangunan Asli Indonesia Mirip Peninggalan Suku Maya

Candi Sukuh bisa dikatakan memiliki kompleks yang unik dan cenderung berbeda jika kamu membandingkannya dengan candi lain. Bentuk dari candi ini adalah trapesium yang hampir mirip dengan peninggalan suku maya di Mexico. Candi yang terletak di Karanganyar sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1995.

Wisata Candi Sukuh - Candi Sukuh Bangunan Asli Indonesia Mirip Peninggalan Suku Maya

Sejarah Candi Sukuh

Sejarah candi sukuh dimulai ketika seorang arkeolog menemukannya pada tahun 1815, dan menurut riset mendalam candi ini dibangun pada abad ke 15 masehi. Pada masa itu Karanganyar masih berada di bawah kekuasan Majapahit yang dipimpin oleh Ratu Suhita. Julukan pada candi ini juga cukup unik, yakni “The Last Temple” karena pada akhir pemerintahan Majapahit hanya inilah peninggalan candi corak hindu yang terakhir.

Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan di Candi Sukuh

Salah satu kegiatan yang akan membuat kamu penasaran adalah penelusuran di lorong gapura candi. Jika kamu menaiki tangga di lorong gapura akan terlihat dua relief yang ada di sampingnya. Banyak yang mempercayai bahwa lorong tersebut digunakan untuk mengetes keperawanan wanita. Jika wanita yang melewati relief tersebut kemudian kainnya robek dan berdarah artinya dia masih perawan, namun jika sebaliknya maka disebut sudah tidak perawan. Namun hal tersebut hanyalah sebuah mitos belaka, dan tak perlu untuk dijadikan sebagai patokan.

Selain itu kompleks candi ini selalu ramai oleh pengunjung yang penasaran dengan relief candi Sukuh. Di sini kamu bisa menemukan banyak relief yang menggambarkan organ reproduksi manusia, hal ini sempat membuat heboh masyarakat. Namun karena dianggap sebagai peninggalan sejarah penting maka sudah dapat diterima dengan baik. Di sisi lain pesona candi yang indah ini digunakan sebagai lokasi untuk berfoto ria.

Fasilitas yang Ada di Candi Sukuh

Agar kegiatan berwisata kamu berjalan dengan baik, maka ada beberapa fasilitas pendukung yang bisa dinikmati. Seperti pusat informasi untuk mengetahui lokasi candi maupun informasi jika ada saudara atau teman kamu yang tersesat. Kemudian ada juga toilet, tempat parkir, serta guide yang bisa memandu kamu ketika di kompleks candi ini. Jika kamu ingin menginap, tersedia juga penginapan yang terletak di dekat Grojogan Sewu.

Rute Menuju Candi Sukuh dan Harga Tiket Masuk

Jalan Menuju Candi Sukuh cukup mudah bagi kamu yang akan berangkat dari Solo, Klaten, maupun kota Semarang. Candi ini sendiri terletak di Karanganyar dan masih berada dalam provinsi Jawa Tengah, sehingga aksesnya cukup mudah. Untuk jam bukanya sekitar pukul 8 pagi dan tutup jam 5 sore. Harga tiket masuk hanya dipatok Rp 7.000 saja tiap orangnya. Disarankan untuk datang pada kondisi cuaca yang baik, serta tidak lupa untuk membawa obat-obatan yang diperlukan jika terjadi sesuatu.

Bagikan ke Temenmu!