Candi Sambisari Salah Satu Pesona Wisata di Jogjakarta

Candi Sambisari merupakan peninggalan sejarah dengan corak Hindu yang bisa kamu temukan di Kalasan. Lokasi wisata ini selalu ramai oleh pengunjung baik pada saat hari biasa apalagi di hari libur. Keindahan tempat ini membuat orang betah lama-lama ketika ada di sini. Oleh karena itu jika kamu ingin berlibur sambil menikmati pemandangan alam nan indah, maka candi ini menjadi pilihan yang tepat.

Wisata Candi Sambisari - Candi Sambisari Salah Satu Pesona Wisata di Jogjakarta

Sejarah Candi Sambisari

Candi ini merupakan peninggalan sejarah yang dibangun pada abad ke 9 ketika pemerintahan raja Rakai Garung. Sebelumnya candi sambisari sempat terkubur oleh abu vulkanik yang asalnya dari letusan besar gunung Merapi. Para petani di dusun Sambisari pada tahun 1996 menemukan candi ini secara tidak sengaja. Para warga di sana memutuskan untuk melaporkannya ke pihak terkait. Sehingga setelah dilakukan proses investigasi, maka dilakukan proses penggalian hingga ditemukan candi ini.

Daya Tarik Candi Sambisari

Kompleks candi ini memiliki susunan candi yang cukup unik. Bagian candi ini dikelilingi dengan pagar batu, lalu pada bagian candi utama dikelilingi oleh tiga bagian candi yang memiliki berbagai mitos candi sambisari. Susunan kompleks candi yang rapi dan terstruktur ini membuatnya sangat disukai oleh pecinta fotografi.

Orang banyak menjadikan lokasi ini sebagai objek foto prawedding maupun sebagai latar belakang untuk foto keluarga. Banyak juga wisatawan yang membawa alas tikar untuk sekedar duduk dan berkumpul bersama keluarga. Jika kamu pergi bersama keluarga bawalah makan siang dari rumah untuk disantap bersama.

Fasilitas

Untuk menunjang kegiatan wisata di candi ini, maka pihak berwenang membuat beberapa fasilitas. Contoh fasilitas yang bisa kamu temukan di sini adalah area parkir, mushola, toilet, warung makan, rumah inap dan banyak lagi lainnya. Sehingga kegiatan berwisata kamu di sini akan berjalan dengan baik berkat adanya fasilitas tersebut.

Lokasi dan Tiket Masuk

Untuk menuju candi sambisari kamu bisa menggunakan dua alternatif, yakni dengan menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi umum. Jika kamu beserta keluaga ingin menggunakan kendaraan pribadi maka bisa melalui jalan raya Jogja menuju Solo. Namun jika kamu menggunakan kendaraan umum maka setelah sampai di papan jalan penunjuk kamu bisa menggunakan ojek untuk mencapai candi ini. Candi sambisari buka pada pukul 9 pagi dan tutup sekitar jam 4 sore. Harga tiket masuk candi sambisari sendiri ialah Rp 5.000/orang.

Tips dan Saran

Sebelum memutuskan untuk berlibur ke candi sambisari, maka kamu harus memperkirakan kondisi cuacanya. Apakah sedang mendung atau cuaca cerah, hal ini agar liburan kamu tidak terganggu. Kemudian bawalah makanan ringan jika kamu ingin makan di warung dekat sambisari, atau makanan berat jika memutuskan untuk makan bersama. Pastikan bawa alat dokumentasi agar liburan kalian menjadi kenangan, dan tidak lupa untuk membawa obat-obat darurat sebagai langkah antisipasi.

Bagikan ke Temenmu!