Waduk Gajah Mungkur Ikon Wisata di Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu waduk terbesar di Indonesia. Waduk ini dibuat setelah pemerintah menenggelamkan sebanyak 51 desa di 6 Kecamatan masih masuk area Kabupaten Wonogiri. Asal-usul waduk Gajah Mungkur diperkirakan sudah ada sejak 100 tahun lalu, namun pembangunannya sampai jadi bagus seperti sekarang ini pada saat era kepemimpinan Presiden Soeharto di tahun 1964 untuk mencegah banjir dari sungai Besawan Solo. Perkiraan biaya dalam pembangunan waduk mencapai 41 miliar rupiah.

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri - Waduk Gajah Mungkur Ikon Wisata di Wonogiri

Aktivitas rekreasi yang bisa dilakukan di Waduk Gajah Mungkur

1. Banana Boat

Untuk menikmati wisata banana boat yang terkenal itu kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke pantai. Di waduk Gajah Mungkur ada wahana banana boat yang bisa dinikmati bersama keluarga ataupun sahabat. Waduk gajah mungkur 2018 lebih menarik lagi karena ketika kamu terjatuh dari banana boat maka bukan air asin yang kamu rasakan, melainkan air tawar saja.

2. Taman satwa

Walaupun lokasi wisata ini adalah sebuah waduk, namun di dalamnya tetap ada sebuah lokasi taman satwa. Beberapa hewan yang disukai anak-anak banyak terdapat di sini. Wisata ini cocok untuk mempelajari perilaku hewan-hewan seperti merak, rusa, orang utan, gajah, dan hewan lainnya.

3. Wisata Air

Selain banana boat, terdapat perahu wisata dan sepeda air di Gajah Mungkur yang bisa dinikmati. Misalnya ada perahu air yang dapat menampung hingga 6 orang, perahu ini akan membawa wisatawan berkeliling sambil melihat indahnya waduk. Harga naik perahu ini sangatlah murah hanya Rp 10 ribu saja, tapi tarif bisa berubah sewaktu-waktu. Selain perahu air ada juga sepeda air yang bisa kamu mainkan. Selain itu di lokasi ini juga terdapat water boom tempat berenang.

4. Omah jungkir

Objek wisata ini bisa dikatakan masih tergolong baru di Gajah Mungkur. Omah jungkir dijadikan sebagai wahana spot selfie ria bagi yang menyukai kegiatan berfoto dengan konsep unik dan berbeda dari biasanya. Seperti namanya, di dalam omah jungkir ini terdapat ruang tamu, kamar mandi, warung dan dapur yang terjungkir. Untuk masuk dan berfoto ke omah ini cukup membayar Rp 5.000 saja.

5. Wahana lukisan 3D

Gajah Mungkur menjadi lokasi wisata yang wajib dikunjungi karena adanya wahana lukisan 3D. Di sini kamu bisa berfoto dengan objek tiga dimensi dan memulai dengan banyak gaya dan pose unik. Hal ini tentu sangat menyenangkan bagi teman dan keluarga.

6. Layang Gantung

Wisata ini cukup mirip dengan paralayang, namun yang membedakan adalah kamu akan melakukannya di atas bukit Joglo tidak jauh dari waduk. Sehingga kamu akan melihat bentang air yang begitu luas dan indah dari atas layang gantung ini. Selain itu tempat ini menjadi spot favorit bagi para pengunjung untuk melakukan swafoto.

Harga tiket waduk Gajah Mungkur

Untuk menikmati berbagai fasilitas di atas, kamu cukup membayar harga tiket masuk ke waduk Gajah Mungkur sebesar Rp 10.000 saat hari biasa, namun di weekend harga tiket menjadi Rp 12.500. Jam bukanya sendiri dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Bagikan ke Temenmu!