Selat Solo Makanan Khas Jawa ala Eropa yang Nikmat

Selat Solo bisa dikatakan sebagai makanan khas Jawa namun memiliki pengaruh dan cita rasa khas Eropa. Dalam satu hidangan selat solo terdapat sapi yang telah direbus, bawang putih, cuka, kecap manis, pala dan merica. Kemudian ada telur rebus dan berbagai macam jenis sayuran yang menyehatkan. Makanan ini juga dikenal sebagai salad, namun tidak sedikit juga yang berpendapat ini adalah bistik dengan cita rasa Jawa.

Kuliner Selat Solo - Selat Solo Makanan Khas Jawa ala Eropa yang Nikmat

Sejarah makanan Selat Solo

Sejarah Selat Solo dimulai pada masa kolonial Belanda, pada saat itu mereka membawa teknik memasak serta bahan makanan khas Eropa. Masyarakat jawa yang melihat teknik serta resep tersebut mulai mengadaptasi resep dan teknik memasak mereka. Selat Solo mulai ditemukan pertama kali di Surakarta dengan membuat bistik khas Eropa namun dengan sentuhan khas Jawa. Cita rasa Eropa pada selat solo bisa kamu lihat dari penggunaan mayonaise serta kecap Inggris.

Tempat membeli Selat Solo

Hidangan khas Jawa dengan cita rasa Eropa ini bisa kamu temukan di beberapa restoran terbaik di kota Solo seperti:

1. Selat kusumasari

Selat solo yang enak bisa kamu temukan di sekitar jalan Slamet Riyadi, namanya adalah Selat Kusumasari. Warung ini sudah ada sejak tahun 1990 dan yang pertama memilikinya adalah bapak Menggung dengan resep yang belum pernah berubah sejak dulu. Penyajian dari selat solo Kusumasari adalah daging sapi bagian paha yang dikelilingi dengan berbagai macam sayuran. Lalu disiram dengan kuah selat yang khas dan nikmat.

2. Omah Selat

Lokasi ini berdiri sejak tahun 2008 dan menunya banyak disukai oleh penggemar selat solo. Menu selat solo di sini lebih terlihat sentuhan Eropa yang menonjol. Namun sentuhan khas Jawanya masih bisa dirasakan. Harganya juga cukup terjangkau bagi kantong anak sekolah atau mahasiswa. Jadi kamu bisa menikmati selat solo ini bersama teman atau keluarga.

3. Selat tenda biru

Di sini kamu bisa menikmati selat solo dengan suguhan es lemon tea yang nikmat. Selat solo resep dari warung tenda biru ini masih menjaga cita rasa khas Jawanya. Satu porsinya dihargai cukup sekitar 10 ribu rupiah saja. Sehingga kamu bisa puas menikmati selat solo hingga kenyang namun tetap irit biaya.

4. Warung selat solo mbak Lies

Selat solo di sini biasa dinikmati dengan irisan daging sapi yang gurih dan lembut. Kuliner khas Jawa ini disajikan dengan penggunaan mustard dan mayonaise dengan tampilan yang cukup menggiurkan. Di sini selat solonya tersedia dalam dua pilihan yakni galantine dan bistik sehingga menawarkan variasi selat solo berbeda yang dapat dipilih dan nikmati.

5. Selat Adem Ayem

Seperti namanya, makan di restoran ini bisa dibilang bikin hati jadi adem dan ayem. Selain menyajikan menu selat solo, juga terdapat beberapa sajian menu khas kota Solo lainnya yang tak kalah sedap. Contohnya seperti sajian gudeg Solo yang rasanya sangat manis jika dibandingkan dengan gudheg ada Jogja.

Bagikan ke Temenmu!