Candi Ratu Boko, Sebuah Istana yang Jadi Objek Wisata

Candi Ratu Boko adalah salah satu lokasi wisata yang ada di Yogya. Ratu Boko atau yang lebih dikenal sebagai istana Ratu Boko merupakan situs peninggalan arkeologi yang memiliki perbedaan dari peninggalan sejarah lainnya. Ratu Boko ini dikenal juga sebagai lokasi untuk menikmati sunset terbaik yang ada di Yogyakarta. Sebelum kamu memutuskan mengunjungi tempat candi, ada baiknya mengetahui hal-hal penting berikut ini.

Candi Ratu Boko - Candi Ratu Boko, Sebuah Istana yang Jadi Objek Wisata

Sejarah Candi Ratu Boko

Sejarah candi ratu boko dimulai dari penemuan seorang warga Eropa pada abad ke 17 di wilayah Bokoharjo. Ia menemukan situs yang belum diketahui. Tempat ini menurut Prasasti Abhayagiri Wihara (792 M) adalah lokasi dimana Rakai Panangkaran mengundurkan diri sebagai Raja Mataram karena ingin mendapatkan ketenangan. Di sisi lain, ada pula yang bercerita bahwa situs Ratu Boko adalah keraton yang sudah digunakan pada masa Dinasti Syailendra.

Daya tarik Candi Ratu Boko

Hal unik dari situs candi Ratu Boko adalah lokasinya yang cukup tinggi, yakni di atas 200 mdpl. Jika dibandingkan dengan keraton lain, maka bisa dibilang Ratu Boko adalah keraton yang lengkap. Hal ini karena ada pintu gerbang sebagai area masuk pertama kali, pendopo, hunian, kolam untuk pemandian, serta pagar pelindung. Selain itu ada beberapa hal menarik lain dari candi ini, antara lain:

1. Tempat asyik untuk berteduh

Jika kamu ingin menelusuri seluruh bagian dari candi Ratu Boko ketika siang hari, maka disarankan untuk memakai baju yang mudah menyerap keringat serta pelindung dari sinar matahari. Hal ini karena area candi sangat panas ketika siang hari. Namun ada beberapa tempat yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk berteduh.

2. Pemandangan sunsetnya yang indah

Candi Ratu Boko sunset adalah daya tarik utama dari kompleks candi khas Buddha ini. Jika kamu adalah orang yang menyukai fotografi, maka Ratu Boko jadi pilihan yang tepat. Kamu bisa berpose dengan latar belakang warna langit oranye sehingga menghasilkan foto siluet yang cantik. Namun di sini ternyata tidak hanya sunset saja yang bisa dinikmati, ada juga paket perkemahan, wisata edukasi, dan pemandu yang bisa menuntun perjalanan kamu menyusuri candi.

Rute dan harga tiket

Ratu Boko ini terletak di kota Sleman, dan dekat dengan lokasi candi Prambanan. Jika kamu berangkat dari Jogja bisa mengambil jalur dari kota Solo hingga mencapai pasar Prambanan. Dari situ jarak yang ditempuh sekitar 3 kilometer lagi untuk mencapai Ratu Boko. Tiket candi Ratu Boko sendiri harganya murah sekitar 30 hingga 40 ribu rupiah saja.

Candi Ratu Boko ini merupakan salah satu pesona peninggalan sejarah yang jarang diketahui banyak orang. Lokasi ini bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin berlibur dengan teman atau keluarga.

Bagikan ke Temenmu!