Berpetualang ke Candi Plaosan Klaten Dengan Sunset Terindah

Candi Plaosan merupakan candi dengan corak Buddha, hal ini bisa dilihat dari puncaknya yang berbentuk stupa. Candi ini terdiri dari dua bagian yakni Lor dan Kidul. Ada banyak sejarah yang mengiringi keberadaan candi ini dan bagi kamu yang menyukai wisata candi maka lokasi ini bisa menjadi pilihan tepat.

Senja di Candi Plaosan - Berpetualang ke Candi Plaosan Klaten Dengan Sunset Terindah

Sejarah dan relief Candi Plaosan

Sejarah candi Plaosan bisa dilihat dari berbagai catatan yang ada seperti cerita rakyat yang menyebutkan candi ini adalah bukti cinta dari seorang pria ke wanita. Ialah Rakai Pikatan yang memberanikan diri membuat candi Plaosan demi wanita yang dia cintai Pramodyawardani. Namun cinta mereka terhalang oleh agama, Rakai Pikatan beragama Hindu dan istrinya Pramodyawardani beragama Buddha.

Di candi ini terdapat candi utama yang disebut candi Induk Utara yang menawarkan relief-relief bersejarah dengan kisah tokoh-tokoh utamanya semua adalah wanita. Sementara itu, di sebelah kananya terdapat candi Induk Selatan yang berisi relief yang menceritakan tokoh-tokoh utama pria. Di bagian pintu masuk candi berdiri kokoh 2 pasang candi lain disebut Dwarapala dan di bagian tengahnya terdapat pendopo sebesar 12×19 meter serta sebuah altar di bagian Timur.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke candi ini, seperti:

  • Melihat Sunset

Candi Plaosan sunset adalah menu utama jika kamu berkunjung ke candi yang megah ini. Lokasi candi yang berada di tengah pematang sawah membuat kamu bisa memandang secara luas tanpa adanya halangan. Hal inilah yang membuat sunset bisa dinikmati ketika sore hari. Latar belakang cahaya oranye ini cocok untuk dijadikan objek foto menarik.

  • Tempat running

Halaman candi Plaosan yang luas bisa dijadikan sebagai trek untuk berlari. Sehingga kamu bisa menikmati areal kompleks candi sambil berolahraga lari. Hal yang paling menarik adalah trek lari bisa dilakukan di antara reruntuhan bangunan candi sehingga kamu serasa sedang bermain film.

  • Kegiatan lainnya

Selain kegiatan di atas, ada banyak hal lagi yang bisa kamu lakukan seperti bersepeda, hunting foto ataupun bermeditasi untuk mencari ketenangan.

Harga tiket dan akses lokasi Candi Plaosan

Candi Plaosan buka setiap hari, mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Memasuki kompleks candi harus membayar tiket masuk candi Plaosan sebesar Rp 3.000 saja untuk satu orang. Waktu terbaik untuk datang adalah pada sore hari, dimana kamu bisa menikmati sunset serta udaranya yang tidak terlalu panas.

Candi dengan lokasi sunset yang indah ini terletak di Klaten, Yogyakarta, tepatnya di dekat Prambanan. Walau lokasinya berada di sekitar areal sawah, namun akses menuju lokasinya cukup mudah. Ada banyak angkutan umum yang bisa membawa kamu menuju candi Plaosan.

Bagikan ke Temenmu!