Candi Cetho Tempat Wisata Penuh Peninggalan Sejarah

Candi Cetho merupakan objek wisata yang letaknya berada di Jawa Tengah. Lokasi candi berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kabupaten Karanganyar yang bisa dikatakan cukup sulit untuk diakses para wisatawan. Candi ini dekat dengan tempat wisata candi lainnya yaitu candi Sukuh. Ada beberapa hal unik yang dimiliki oleh candi yang berada di area kaki Gunung Lawu ini yang membuatnya berbeda dengan candi lain dari Jawa.

Wisata Candi Cetho - Candi Cetho Tempat Wisata Penuh Peninggalan Sejarah

Hal yang harus kamu ketahui ketika liburan ke Candi Cetho

1. Harus memakai kain poleng

Ketika kamu berkunjung ke wisata ini, maka kamu diharuskan memakai kain poleng, yaitu kain putih dengan motif kotak-kotak hitam. Hal ini berkaitan dengan mitos candi Cetho di tengah masyarakat yang masih sering digunakan sebagai tempat ibadah dan ritual umat Hindu. Kamu yang masuk ke dalam kompleks candi nanti akan dipakaikan kain poleng pada bagian pinggang.

2. Lokasinya berada di atas kebun teh

Candi ini berada di atas hamparan kebun teh Kemuning yang hijau dan luas sehingga memberikan pemandangan yang indah. Ketika kamu dalam perjalanan menuju candi, maka kamu akan terkagum-kagum dengan keindahan kebun ini. Pemandangannya akan lebih menarik lagi jika melihatnya melalui atas candi.

3. Terdapat jalur pendakian menuju gunung Lawu

Ada dua jalur pendakian menuju gunung Lawu, yakni Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang yang menjadi jalur resmi. Namun saat ini para pendaki gunung bisa menemukan jalan menuju candi Cetho sebagai rute pendakiannya. Akan tetapi jalur ini bisa jadi cukup berat, panjang, dan melelahkan jika dibandingkan dengan jalur lain.

4. Arca, ornamen dan relief jadi simbol sejarah

Candi Sukuh berada di lokasi yang sama dengan Cetho, yakni di lereng gunung Lawu. Relief dan ornamen atau arca di candi ini kurang lebih hampir sama dengan yang ada di Sukuh. Salah satu contohnya yaitu adanya arca yang menampilkan simbol hubungan antara pria dan wanita. Di tempat ini juga terdapat tujuh buah teras yang melambangkan kehidupan manusia dan setiap teras dihubungkan dengan 2 jalan serta 1 pintu masuk. Jika berkunjung ke candi ini tentunya salah satu aktivitas menarik adalah belajar mengenai sejarah dari arca dan peninggalan di dalamnya.

Akses ke lokasi candi Cetho dan harga tiket masuk

Untuk memasuki pos penjagaan ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan karena akses jalannya cukup sulit. Kendaraan yang ingin kamu gunakan harus benar-benar siap jika ingin menuju candi cetho, biasanya orang-orang menggunakan kendaraan pribadi yang tahan pada jalur yang sulit.

Lokasi Candi Cetho - Candi Cetho Tempat Wisata Penuh Peninggalan Sejarah

Saat memasuki pintu gerbang barulah kamu akan menemui petugas di sana yang menyediakan tiket masuk. Biasanya pengunjung dikenai harga tiket masuk ke candi Cetho sebesar Rp 7.000 rupiah saja. Sementara itu biaya parkirnya sendiri sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Pengunjung bisa datang ke candi Cetho mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Bagikan ke Temenmu!