Pasar Klewer Solo Sebagai Sentra Batik Terbesar Jawa Tengah

Pasar Klewer Solo merupakan salah satu pasar tradisional pusat batik yang bisa memberikan kepuasan berbelanja pada para konsumen. Masyarakat Solo mengenal pasar ini sebagai salah satu pusat penjualan batik, bahkan sebagai salah satu grosir batik terbesar di Indonesia. Sehingga jika kamu ingin mendapatkan batik yang berkualitas serta motif yang menarik maka bisa mendatangi pasar Klewer.

Pasar Klewer Solo - Pasar Klewer Solo Sebagai Sentra Batik Terbesar Jawa Tengah

Sejarah Pasar Klewer Solo

Pasar ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1971, sehingga menjadikannya sebagai pusat ekonomi baru di kota Solo. Hadirnya Pasar Klewer membuat aktivitas ekonomi semaki bergairah dan industri kecil juga mulai berkembang.

Keberadaan pasar Klewer sudah terlihat sejak jaman penjajahan Belanda dan Jepang. Pada saat itu Klewer merupakan tempat pemberhentian kereta api sekaligus digunakan sebagai tempat berdagang oleh masyarakat setempat. Pada waktu dulu pasar ini disebut bernama Slompretan, mengambil makna dari terompet. Selain itu pasar ini disebut slompret karena lokasinya yang dekat dengan stasiun kereta api.

Pada dahulu kala tidak banyak penjual hanya ada pedagang kecil yang menjual kain-kain batik. Para pedagang saat itu hanya menaruh dagangan di pundaknya, lalu dijual dengan cara berkeliling mencari pembeli. Hal tersebutlah yang menjadi nama baru pasar ini, yakni pasar klewer karena barang jualannya yang kleweran.

Renovasi Pasar Klewer

Pasar Klewer sekarang sudah cukup berbeda dengan yang dahulu, karena pasar ini pernah mengalami kebakaran yang cukup hebat. Renovasi pasar Klewer mulai dilakukan pasca peristiwa kebakaran yang melanda pada tahun 2014. Pihak Pemerintah Kota Solo melakukan renovasi hingga membuat pasar ini terlihat lebih modern dan sangat menarik bagi para pengunjung. Pada akhirnya pasar Klewer bisa aktif kembali dan menjadi pusat ekonomi masyarakat kota Solo meskipun mungkin sudah banyak berubah karena terlihat lebih modern dan kekinian.

Pusat Batik Terbesar di Jawa Tengah

Jika ada yang bertanya pasar Klewer buka jam berapa, maka jawabannya adalah dari jam 8 di pagi hari sampai jam 5 di sore hari. Di sini ada banyak jenis kain yang dijual mulai dari kain untuk anak-anak, untuk orang dewasa, dan bahkan untuk orang tua dengan jenis pakaian formal, pakaian kasual atau santai, dan pakaian untuk sekolah. Ada juga pedagang yang menjual kaos, sweater, jaket, dasi, kain dengan bahan katun, bahkan kain sutra.

Tips belanja di pasar klewer adalah dengan memperhatikan jenis kain batik yang akan dibeli, seperti batik tulis Solo, batik cap, batik pantai keraton, batik antik keraton, hingga batik putri Solo. Selain batik khas Solo ada juga batik jogja, pekalongan, Madura, banyumas, bahkan betawi.

Pasar Klewer Solo ini dikenal sebagai pusat perekonomian yang besar di Indonesia. Karena banyaknya pedagang dan pembeli yang melakukan aktivitas ekonomi di sini. Jika kamu mencari batik dengan berbagai motif, maka pasar Klewer ini bisa menjadi pilihan tepat.

Bagikan ke Temenmu!