Museum Sangiran Objek Wisata Purbakala yang Menarik

Museum Sangiran merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Sragen dan termasuk situs purbakala terlengkap yang ada di Jawa. Museum ini sangat bermanfaat bagi bidang pendidikan, baik untuk anak sekolah maupun mereka yang memang melakukan penelitian. Tak lupa museum ini bisa juga dijadikan sebagai sarana liburan hiburan bagi keluarga. Selain untuk refresing namun juga akan menambah pengetahuan umum melalui berbagai informasi menarik yang ada di sana.

Wisata Museum Sangiran - Museum Sangiran Objek Wisata Purbakala yang Menarik

Sejarah Museum Sangiran

Situs ini merupakan warisan dunia yang diatur oleh UNESCO pada tahun 1966. Museum sangiran terletak di 2 kabupaten di Jawa Tengah, yakni kabupaten Sragen dan kabupaten Karanganyar. Menurut UNESCO situs ini memiliki luas 56 KM dan termasuk dalam kategori cagar alam. Kemudian pada tahun 1977 didirikanlah sebuah museum yang dinamakan museum prasejarah Sangiran.

Akses Menuju ke Lokasi Museum Sangiran

Museum purbakala sangiran letaknya sejauh 17 KM dari utara kota Solo. Jika berangkat dari Solo kamu bisa melewati jalan Kalijambe untuk mencapai museum ini. Walau berangkat dari Jogja pun kita bisa melewati rute tersebut untuk mencapai Sangiran setelah mencapai Solo melalui Klaten. Namun apabila berangkat dari kota Semarang maka waktu tempuhnya bisa jadi cukup lama. Karena jaraknya mencapai 100 KM lebih, kamu akan melewati rute Purwodadi, Kalijambe, hingga mencapai museum Sangiran.

Koleksi yang Ada di Museum Sangiran

Saat berkunjung ke museum bisa kita dinikmati keunikan dari benda – benda purbakala yang ada di sana. Sehingga saat ini koleksi museum Sangiran dijadikan objek pendidikan dan wisata, beberapa koleksi tersebut antara lain:

  • Fosil hewan bertulang belakang diantaranya gajah, kerbau, badak, harimau, domba, rusa, sapi, serta banteng.
  • Fosil macam-macam manusia purba dari berbagai zaman yang masih tersimpan dengan rapi.
  • Fosil hewan di air misalnya ikan, kepiting, buaya, Mollusca, gigi dari ikan hiu, kuda nil, foraminifera, serta kura-kura.
  • Jenis batu-batuan diantaranya diatome, meteorit atau taktit, agate, ametis, dan kalesdon.
  • Alat bantu manusia jaman dahulu seperti serut, serpih, bilah, gurdi, kapak persegi, bola dari bahan batu, serta kapak perimbas dan penetak.

Fasilitas Museum Sangiran

Tiket masuk museum sangiran bagi wisatawan domestic sekitar lima ribu rupiah saja dan untuk wisatawan yang berasal dari luar negeri sekeitar sebelas ribu rupiah. Selain itu sebelum masuk akan terlihat sebuah gapura yang menjadi penunjuk arah bagi para wisatawan maupun bagi masyarakat umum. Museum akan dibuka pada hari Selasa sampai hari Minggu, mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore.

Museum Sangiran cocok bagi kamu yang ingin berlibur sambil belajar. Ajaklah teman atau keluarga agar bisa menikmati liburan ini bersama-sama. Tidak lupa juga untuk mengabadikan momen liburan tersebut menggunakan kamera atau handphone, sehingga ada yang bisa kamu kenang dari liburan tersebut.

Bagikan ke Temenmu!